Kemitraan Pembinaan Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Antara Kementerian Kesehatan dengan PERDHAKI yang Dibekukan

I Pendahuluan :
Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi – tingginya. Permasalahan kesehatan masyarakat Indonesia selain AKI dan AKB dan penyakit menular yang masih tinggi namun penyakit degeneratif juga semakin meningkat.
Permasalahan tersebut akibat masih rendahnya kesadaran masyarakat ber PHBS dan buruknya sanitasi lingkungan. Hal ini sesuai dengan capaian PHBS yang belum optimal yaitu pertolongan persalinan tenaga kesehatan sebesar 77,4% (Susenas 2009). Oleh sebab itu Kemenkes mengajak Organisasi Kemasyarakatan untuk meningkatkan promosi kesehatan kepada masyarakat secara umum melalui kelompok – kelompok yang ada di ormas.

II Tujuan : Meningkatkan kerjasama antara Kemenkes dengan Perdhaki dalam upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan dalam mewujudkan kemandirian masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (ber-PHBS).

III Proses Kemitraan
Kemitraan ini telah terlaksana dimulai tahun 2011 s/d 2012. Di dalam proses kemitraan banyak hal yang dipelajari, bukan saja bagaimana dengan pemberdayaan masayarakat tetapi menghadapi administrasi. Pada tahun ke 2 (2012) mengalami hambatan dalam pendanaan. Adanya kebijakan KPPN yang didapat dari Pusat Promkes sehingga kegiatan sementara dibekukan. Terlampir surat edaran dari Pusat Promkes.

Iklan