PEDULI TERHADAP PENDERITA KATARAK DI PULI TOBEN – NTT

gbr-matagbr-mata-juga

Klinik Pulitoben – Adonara – NTT telah satu tahun ( 2015 ) tidak melakukan operasi mata. Seringkali pasien menanyakan kapan ada operasi mata dilakukan dan  unit tidak dapat menjawab. Jika tidak ada kepastian akan ada bantuan subsidi  hal ini disebabkan  berhentinya bantuan LFTW / DLBC pada tahun 2015. Terpikir oleh PERDHAKI, seharusnya program JKN yang dimulai tahun 2014, akan dapat melayani masyarakat yang kurang mampu. Namun berbagai peraturan BPJS dengan kebijakan yang sama di semua daerah tanpa melihat situasi lokal, menjadi kesulitan bagi beberapa RS Anggota PERDHAKI di wilayah Kawasan Timur Idonesia  untuk dapat memberikan layanan kesehatan mata.

Tuhan selalu mendengar kebutuhan umatnya dimana Bapak Panji seorang prakarsa yang membuat gerakan Matahati merayakan HUT ke 91 pada bulan Juni 2016. Beliau ingin mengucap syukur dengan membiayai 910 operasi katarak. Kesempatan ini tentunya PERDHAKI ingin berkontribusi ikut mensukseskan, namun layanan diberikan di daerah yang tidak ada RS, karena ingin mendekatkan diri dengan masyarakat,  dr. Stephanus Indradjaya, MSc, PhD (Ketua Badan pengurus PERDHAKI periode 2000 – 2004 dan 2004 – 2008) membantu Perdhaki dalam mengajukan permohonan untuk mendapatkan 50 mata untuk pelayanan di Klinik Pulitoben – Adonara. Meskipun hanya klinik tapi sudah berpengalaman menyelenggarakan 7 kali operasi disana.

Sebagai rasa syukur itu maka pada tanggal 9 s/d 11 September 2016, telah diselenggarakan operasi katarak di klinik dengan mengoperasi 56 mata dan 4 pterigium. Tentunya keberlangsungan kegiatan ini atas dukungan Kepala Dinas Flores Timur dan kesediaan dr Budi Suryanto SpM, yang memang sudah dikenal oleh masyarakat di NTT.

Kebutuhan akan pelayanan ini masih banyak, hanya uluran tangan dan bantuan para donatur akan dapat membantu kelancaran mencapai Vision 2020.

Para pasien juga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan subsidinya kepada Bapak Panji, semoga panjang umur, sehat selalu dan menjadi berkat bagi orang lain. (EK)

foto-katarak

Iklan