Mengintegrasikan Misi, Nilai-nilai dan Visi ke Dalam Pengurus Yayasan

Kalau pada karangan terdahulu diakhiri dengan jawaban – jawaban yang dirasakan terlalu idealistis. Maka dalam uraian ini kita menggambarkan bagaimana hal – hal idealistis dipergunakan sebagai landasan untuk digunakan dalam setiap diskusi atau proses pengambilan keputusan.

Sering sekali pengurus yayasan Yayasan merumuskan misi, nilai-nilai dan visi dan selanjutnya lalai menfaatkannya sehari – hari dan baru ditengok kembali pada saat akan membahas rencana strategis berikutnya.
Pengurus Yayasan yang sukses tahu bahwa itu tidak benar caranya, pernyataan pengurus yang sukses ternyata menggunakan visi-misi dan nilai – nilai yang dirumuskan sebagai dasar atau pedoman untuk mengarahkan diskusi atau keputusan yayasan.

Visi, Misi serta Nilai-nilai yang dirumuskan oleh pengurus merupakan dasar dalam perumusan Rencana Strategis yang lebih bermakna dibandingkan pimpinan – pimpinan lain didalam RS. Sebelum merumuskan sasaran serta strategi yang lebih rinci , pengurus harus memastikan rumusan – rumusan tersebut cukup memberi dorongan dan arahan yang mampu membangun kekuatan organisasi untuk mencapai sukses dikemudian hari.
Pada saat perumusan visi, misi dan nilai – nilai sudah disepakati , sebaiknya rumusan tersebut ditempatkan diatas sebagai latar belakang meja rapat sehingga menjadi perhatian bagi pimpinan yayasan.
Misi merupakan inti dari tujuan Rumah Sakit Ini merupakan suatu rumusan unik yang secara jelas menggambarkan posisinya dipasar Rumah Sakit baik kekhususannya maupun perbedaannya.
Nilai – nilai merupakan prinsip – prinsip dasar yang menggerakan perilaku organisasi ditiap tingkatan organisasi Rumah Sakit. Sedangkan visi merupakan gambaran yang hidup tentang situasi ingin dicapai dihari kemudian dalam skala waktu yang dirumuskan oleh pimpinan dan manajemen RS.
Sudah tentu rumusan itu jelas mempertimbangkan tantangan – tantangan, peluang – peluang yang tersedia dimasa mendatang.Apabila ini dirumuskan secara jitu . visi misi serta nilai – nilai ini bisa menjadi tujuan yang luhur yang mampu mendorong pencapaian strategi dan sasaran.

MISI
Merupakan suatu pernyataan yang amat penting karena memberi alasan mengapa RS ini didirikan. Sebuah misi yang besar umumnya dirumuskan secara singkat, mudah diingat serta berkesan. Untuk memastikan misi ini tetap berlangsung maka disarankan untuk mencetaknya di setiap dokumen, agenda, bahkan dalam laporan masalah yang akan didiskusikan serta dalam dokumen yang memuat perumusan strategi RS.
Dengan senantiasa menampilkan dalam setiap bahan yang dibaca, maka misi ini
akan makin terserap. Membuat agar misi ini senantiasa terbaca menyebabkan kita selalu ingat. Dan terlebih lagi karena sering kali pimpinan akan mempertanyakan bagaimana upaya kita agar lebih dekat ke misi kita.

VISI
Apabila kita sudah mengenal Misi atau tujuan keberadaan rumah sakit ini, mengapa ia ada dan apa yang dilakukannya sekarang sedangkan visi menggambarkan keadaan yang ingin diperjuangkan oleh rumah sakit dihari kemudian. Visi ini adalah sesuatu yang memperkaya ilham kita karena unik dan dapat dibayangkan. Karena itu harus dirumuskan sedemikian rupa hingga menjadi citra nyata RS dimasa depan ini.

Pertanyaan berikutnya apa makna dari nilai – nilai!

Iklan